IWAK_TELU_SIRAH_SANUNGGAL Simbol ikan 3, berkepala 1

#IWAK_TELU_SIRAH_SANUNGGAL

( Simbol ikan 3, berkepala 1 )________________________________________________ Simbol tersebut merupakan Simbol yangdigunakan didalam Thoriqoh Asy-Syattariyyah.

Di Nusantara, Naskah-naskah Kuno yangmenggambarkan simbol tersebut ditemukandi catatan Syattariyyah Cirebon & Pekalongan.Adapun yang pertamakali menyusun Simboltersebut adalah Syaikh Isma-il Asy-Syattari.

“IWAK TELU SIRAH SANUNGGAL”

Merupakan Simbolis dariTAUHID TRIMINA, yaitu :

✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩

١ . ALLAH (ahadiyyah) Ket » Allah S.W.T adalah “Esa”,tidak ada bandingan-Nya.

✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩

٢ . ADAM (wahidiyyah)

Ket »Nabi Adam As ialah gambaran sifat “Tunggal”.Jumlahnya 1, namun menurunkan angkasetelahnya (Ex: 2, 3, 4, 5, 6, dst)

✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩

٣ . MUHAMMAD (wahdah)

Ket » Nabi Muhammad S.A.W merupakan proyeksidari perpaduan unsur “Ahadiyyah” (keesaan)dengan unsur “Wahidiyyah” (ketunggalan).

✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩✩

Dalam konteks ‘Takdir’, juga bisa dimaknai

– “Dzat” (unsur jasmani),- “Sifat” (unsur ruhani),- “Af’al” (berbagai macam tindakan).

Baik “Dzat”, “Sifat”, maupun “Af’al”, ketiganyasama-sama berada didalam 1 ruang lingkupQudroh Ilahiyyah (takdir ketuhanan).

ALLAH | ADAM | MUHAMMAD Juga bermakna :√ Unsur Ketuhanan (haqiqoh & ma’rifah),√ Unsur Ciptaan/Makhluq (salik/ahlithoriqoh),√ Unsur Keagamaan (syari-ah & thoriqoh).

Untuk mencapai fase hakikat hingga ma’rifat,seorang ‘Salik’ (penempuh perjalanan batin)harus terlebih dahulu menaiki Bahtera (kapalbesar) yang disebut dengan ‘Syari-at’.

Sebab selain diibaratkan sebagai Bahtera,Syari’at juga bagaikan ‘Wadah’ tempat kitamenempatkan “Hakikat” dan “Ma’rifatullaah”.

Adapun Tarikat / Thoriqoh, dianalogikansebagai usaha kita menempatkan hakikatkedalam ‘Wadah’ yang berupa ‘Syari-at’. Atau kalau kita meminjam istilahnyaSyaikh Bahauddin An-Naqsyabandi, Thoriqohitu diibaratkan sebagai usaha kita dalammenyelami Lautan “Hakikat” untukmengambil Mutiara “Ma’rifatullaah” di dasarlautan dalam.

Simbol “IWAK TELU SIRAH SANUNGGAL”

Juga merupakan simbol dari ketiga ekspresiperendahan diri kita di hadapan Allah dikalakita melakukan Ibadah Sholat, yaitu :

——————————————————————————

١ ) RUKU’ » Ekspresi pengakuan kita akan Ke-MahaKuasaan Allah Jalla Jalaluhu Wahdah.

——————————————————————————

٢) SUJUD

» Ekspresi pengakuan kita akan Ke-MahaTinggian Derajat serta Kedudukan AllahuSubhanahu wa Ta’aala.

——————————————————————————

٣) DUDUK TASYAHUD » Ekspresi ‘Ridho’ (kerelaan) serta ‘Tawakkal'(penyerahan diri) kita terhadap kehendak &keridhoan Allah sepenuhnya.

——————————————————————————

Dalam kacamata “Qudroh Ilahiyyaah”(takdir ketuhanan), juga bisa difahami :

~ IKHTIAR (usaha)~ IRODATULLAH (kehendak Allah)~ AJRON (hasil/ganjaran)

Ketiganya tidak bisa terpisahkan, pasti salingberkaitan antara satu dengan yang lainnya.

Juga dalam Pandangan Keilmuan. Kita dituntut menyeimbangkan antara :※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※○ ‘ILMU○ ‘AMAL○ IKHTIAR (usaha)※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※

Ket :1. Kita Wajib mengamalkan ‘Ilmu yangdiamanahkan oleh Allah kepada kita.

2. Ketika kita hendak mengerjakan AmalIbadah apapun, harus didasari denganilmunya yang baik dan benar. 3. Kita Wajib berusaha Menuntut ‘Ilmu. JugaWajib Berusaha Mengamalkannya dikala’Ilmu tersebut sudah kita didapati.

Dalam Konteks Thoriqoh sendiri, kita wajibmenuntut berbagai macam ‘ilmu yang bisamembuat kita sampai kepada persaksianHakikat dan Ma’rifatullaah (Suluk).

Ketika ‘Suluk’ tersebut sudah didapat,kita dituntut menjadi ‘Salik’ yang mau& mampu mengamalkan ilmu tersebutdengan menjalani Thoriqohnya.

Simbol “IWAK TELU SIRAH SANUNGGAL”

Didalam Konteks Tauhid juga bisadiklasifikasikan terhadap 3 Aspek : ※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※

١ . TAUHID RUBUBIYYAH

» Memurnikan keyakinan kita hanya kepadaRobb Pemelihara Semesta Alam (Allah).

※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※

٢ . TAUHID ULUHIYYAH

» Memanifestasikan penyembahan kitakepada Allah dengan menjalankan SyariatIslam. ※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※

٣ . TAUHID ASMAA’ WAS SHIFFAT.

» Meyaqini dengan penuh terhadap Nama²serta Sifat² Allah yang termaktub didalamNushush Al-Qur’an maupun Hadits² Nabi.

※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※※

Tentunya Ketiga Aspek Tauhid diatas kita lihatdari kacamata “Ahlus Sunnah wal Jama’ah”yang memandang bahwa ketiganyamerupakan satu kesatuan yang tidak dapatterpisahkan antara satu dengan yang lainnya. Tidak seperti Kaum Wahhabi yang memecah& memilah-milah ketiga aspek tersebutseperti yang dipaparkan Syaikh Muhammadbin ‘Abdul Wahhab didalam Kitab “At-Tauhid”miliknya.

Juga dalam memandang Tauhid Asmaa’ wasShiffat, “Ahlus Sunnah wal Jama’ah” tidakmelakukan “Ta’thil” (pengingkaran) serta”Tajsim” (penyerupaan jasad) terhadapNama-nama & Sifat-sifat yang Allah miliki.

“Ahlussunnah wal Jama’ah” juga tidak sepertiKaum Qodariyyah yang tidak mempercayaitakdir. Juga tidak seperti Kaum Jabbariyyahyang ketika bermaksiat mereka mengatakan”Allah yang menakdirkan sayamelakukannya”. Simbol “IWAK TELU SIRAH SANUNGGAL”

Juga menggambarkan IMAN | ISLAM | IHSAN.

IMAN adalah motor penggerak kitauntuk mengerjakan (Syari-at) ISLAM.

Adapun IHSAN adalah suatu DZAUQ (rasa)yang menjadikan pengamalan kita terhadap(Syari-at) ISLAM terasa manis & ledzat.

Juga merupakan penggambaran dari :——————————————————————————١) ‘ILMUL YAQIN٢) ‘AINUL YAQIN٣) HAQQUL YAQIN —————————————————————————

‘Ilmul Yaqin merupakan buah keyakinan yangbersumber dari ‘Ilmu Pengetahuan. ‘AinulYaqin buah keyakinan yang timbul daripersaksian secara langsung. Adapun HaqqulYaqin adalah gabungan antara ‘Ilmul Yaqin &’Ainul Yaqin.

Tegasnya ; “KEYAKINAN YANG SEJATI”.



====================================
CATATAN REDAKSI:

Siapapun boleh mengirim artikel ke dalam blog Kampus Orang samar ini.
kirimkan artikel anda via https://eyangsamar.com/kirim-artikel
(otomatis masuk postingan blog ini)

untuk promosi Gemblengan / BAKTI SOSIAL / dll silakan kirim ke [email protected]
HARAP HATI-HATI TERHADAP PENIPUAN OKNUM YANG TIDAK BERTANGGUNGJAWAB .

Salam rahayu.
TTD
Eyang Samar Atas Angin
(Pendiri KOS)



KIRIMAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *